D2TMT

Berikut ini jenis beserta contoh paragraf 


1.      Deduktif

Manfaaat buah jeruk bagi kesehatan tubuh

Buah jeruk kaya akan vitamin c yang berguna untuk kesehatan tubuh
yang berfungsi untuk kesehatan gusi. Vitamin C juga menjaga kesehatan asam lambung.
lalu dalam buah juga terkandung vitamin C yang berguna untuk membantu imunitas. vitamin C merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imunitas atau daya tahan tubuh kita dapat menurun saat kita banyak beraktifitas tanpa disertai pola makan yang sehat dan teratur. Daya tahan tubuh yang terganggu juga diakibatkan oleh serangan radikalbebas berupa polusi udara dari asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Radikalbebas akan membuat sel-sel tubuh kita mudah rusak dan tidak mampu berfungsi dengan baik.

2.      Argumentasi
BANJIR
Banjir biasanya diakibatkan oleh sampah yang berserakan di mana-mana. Hal ini bisa kita lihat di sekeliling kita. Sampah – sampah tersebut biasanya berasal dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan malas membuang sampah pada tempatnya. Sampah – sampah yang berkumpul itu menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga mencemarkan udara. Selain itu, tumpukan sampah tersebut menjadi sarang berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya. Sumber penyakit tersebut akan terbawa dengan udara sehingga akan terhirup oleh kita. Akibatnya, kita akan menjadi sakit dan tentunya juga akan menular kepada orang lain yang menghirup udara yang sama tersebut.

3.  Campuran
NARKOBA
Bahaya narkoba bagi kesehatan tubuh manusia. Narkoba memiliki zat berbahaya seperti adiktif, sodium hidroksida, ether, ammonia, anhidrat, dan efendrin. Mangonsumsi narkoba dapat mengakibatkan, beralusinasi berlebihan, depresi, gelisah, sensitive, gagal saraf dan paranoid. Jika terus dikonsumsi akan menimbulkan penyakit sperti HIV, AIDS, bahkan kematian. Jadi narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4. Deskripsi
Helm
Helm LTD ini berwarna merah. Di samping helm terdapat stiker yang bewarna hijau toskah dan biru. Di dalam stiker ini terdapat tulisan sports dan LTD. Di kanan dan di kiri helm terdapat baut plastik bewarna hitam,dan di bagian depan helm terdapat kaca plastic yang bewarna putih dan terdapat sabuk kepala. Di bagian helm terdapat busa dan dilapisi kain berwarna hitam. Di bagian atas helm LTD ada garis-garis bewarna hijau. Helm LTD ini sudah lama karena banyak goresan di bagian atas helm. Pada umumnya, helm ini berbentuk seperti topi dan terbuat dari plastik.

6. Eksposisi

Cara menumis kangkung

Sediakan bahan-bahan dan alat yang dibutuhkan, 2-3 ikat kangkung( siangi dan bersihkan), 2 siung bawang merah (iris tipis), 3 siung bawang Putih (iris tipis), 3 sendok makan minyak goreng( untuk menumis), cabe merah secukupnya (iris serong tipis), 150 ml air, gula putih (secukupnya), garam (secukupnya), kecap manis (secukupnya). Sediakan juga panci,sendok,dan piring. Jika sudah tersedia, panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang merah hingga wangi baunya. Berikan cabe merah yang sudah iris, kangkung ,air, gula, garam, dan kecap manis. Aduk hingga merata. Tumis kangkung siap disajikan.

7. Induktif
Tips-tips Merwat Majah
Wajah merupakan anggota tubuh yang sangat berharga, jadi wajah perlu dirawat agar wajah tidak kusam dan tetap awet muda. Adapun cara merawat wajah yang pertama yaitu meggunakan face wash yang berbahan alami seperti wasabi foam.  Kedua, menggunaka masker buah alpukat, gunakan masker buah alpukat disiang hari dan pagi hari selama 30 menit agar wajah medapat nutrisi yang baik. Ketiga, mencuci wajah 3 kali sehari menggunakan air hangat,  air hangat dapat merilekskan wajah dan membuka pori-pori wajah, sehingga debu di dalam wajah dapa terangkat. Itulah tips-tips merwat wajah.

8. Persuasi
Sering tertipu dengan iklan yang menggiurkan, tapi tidak sesuai dengan keinginan Anda ! Tenang, ada solusinya. Ladang Lidah Buaya, memberi semua keinginan Anda. Ladang Lidah Buaya memilki zat unsur hara yang cukup baik, yang telah diteliti oleh para ilmuan. Anda tidak perlu khwatir dengan keaslian iklan ini jika daun ubi tidak tumbuh dalam dua hari kami akan mengembalikan uang Anda.  Tunggu apalagi! Kembangkan usaha Anda dengan Ladang Lidah Buaya, dengan ukran yang cukup luas yakni 1 hektar, dan harga yang cukup fantastis yaitu 1 milyar. 
Anda berminat hubungi Gara Hasonangan, nomor handphone 082168245605, atau kunjungi alamat ini jln. Talun Manombuk.





Label: edit post
0 Responses

Post a Comment

MUSIK

small rss seocips Music MP3
Lil Jon ft. Eastside Boys - Get Low !!!